CARA MENGGUNAKAN HLOOKUP DAN VLOOKUP
FUNGSI VLOOKUP DAN HLOOKUP DIEXCEL
Rumus Excel, juga disebut rumus, digunakan untuk melakukan penghitungan, memproses informasi, menganalisis konten, pengujian kondisi, dan banyak lagi. Ini membuat segalanya lebih mudah bagi pengguna, terutama dalam hal data dan statistik.
VLOOKUP dan HLOOKUP adalah fungsi Excel yang dapat dikategorikan sebagai Lookup dan Reference. Fitur ini bisa dibilang basic, jadi jangan heran jika kamu melamar pekerjaan yang berhubungan dengan data. Beberapa perusahaan memastikan bahwa kamu dapat menguasai fitur ini.
Rumus VLOOKUP adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom atau sumber data lain menggunakan kata kunci vertikal tertentu. HLOOKUP, di sisi lain, digunakan untuk mencari nilai di kolom horizontal atau sumber data lainnya.
Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP
1. VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num).
untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini.
Rumus
Table acuan
2. HLOOKUP
HLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorBaris; [RangeLookup])
HLOOKUP RIGHT
Untuk penulisan rumusnya, bisa melihat di gambar di bawah ini :
HLOOKUP RIGHT adalah
Penulisan rumusnya menggunakan VALUE, karena karakter yang diambil dari sebelah kanan adalah berupa angka. Jika karakter yang diambil tidak berupa angka, maka tidak perlu menuliskan VALUE pada rumus. Lihat gambar di bawah 
VLOOKUP LEFT
Untuk penulisan rumusnya, bisa melihat di gambar di bawah ini :
Komentar
Posting Komentar